Ingress Anomaly: Via Noir

ROAR!

Entah bagaimana saya harus mengekspresikan kegembiraan atas meriahnya event di Surabaya kemarin. Via Noir, adalah series lanjutan dari Via Lux yang sudah dibahas dipostingan yang lalu. Dan event-nya benar-benar terjadi di Surabaya, kesempatan yang lumayan emas untuk mencoba mengikuti event besar seperti ini, karena berjarak hanya sekitar 2 jam dari Malang.

Ini adalah event game yang terniat yang pernah saya ikuti. Jauh sekali dari persiapan event kumpul-kumpul dari game sebelah, terkoordinir, rapi, dan sekali lagi, niat sekali. Dari sini saya dapat menyimpulkan bahwa Niantic tidak main-main kalau sudah membuat event official. Komunitas juga berkontribusi sangat besar dalam suksesnya event-event Niantic. Pelaksana event sebagian besar dari para agent lokal, dan berhubungan langsung dengan Niantic.
Bukan hanya dari Niantic-nya, para agent yang akan mengikuti event ini juga mempersiapkan diri dan inventory in-game mereka dengan matang. Pendataan di masing-masing daerah tentang siapa saja agent yang berangkat, informasi inventory yang harus dipenuhi, farming bersama jadi lebih sering, dan saling mengisi kekurangan inventory agar memenuhi target, sosial game online yang pernah saya temui tak pernah se-sosial ini. Ingress is not a game, ingress is a lifestyle~

Gedung Nasional Indonesia, menjadi titik registrasi event

Keberangkatan ke Surabaya-nya juga pasti perlu dan penuh koordinasi, ada yang berangkat dengan 1 bus besar, mobil pribadi, kereta malam, dan beriringan menggunakan sepeda motor. Dan tidak hanya agent yang dari Indonesia saja yang datang, mereka yang dari Singapore, Malaysia, Brunei Darusalam, Philipin, Thailand, Sri Lanka, India, dan masih banyak lagi datang dengan rombongannya menuju Kota Pahlawan Surabaya, untuk bertarung dan membuktikan warna mereka-lah yang terkuat.

Oh iya, dari serangkaian persiapan diatas tadi, para agent juga dibagi menjadi banyak tim untuk pembagian tugas, dan pembagian daerah yang harus ditangani. Kurang ngerti juga apa yang harus dilakukan tim kami, yang pasti saya dan rekan se-tim harus melakukan def dan link ke portal tertentu.

Team Victory 4, 2 orang yang make topi pada veteran tapi berhasil melakukan score

Secara garis besar Gameplay dari Ingress Anomaly Via Lux kali ini adalah sebagai berikut:
Sama seperti permainan Ingress yang selama ini dimainkan, ada deploy, capture, hack, link, fire xmp namun pada event ini dibungkus rapi menjadi suatu pertandingan yang melibatkan 2 tim membandingkan siapa tim yang berhasil mencetak skor terbanyak merekalah yang menang, mungkin bisa dibilang seperti sepak bola, dimana ada gawang dan bola.

Target Portal: Gawang, adalah portal yang nantinya menjadi target link.
Shard Portal: Bola, adalah portal yang berisi Shard yang harus dilakukan link out ke Target Portal, sehingga shard berpindah ke Target Portal. Semakin banyak shard yang berpindah ke Target Portal maka semakin banyak juga point yang diterima.
Cluster Portal: Tambahan point, portal yang harus dijaga selama periode tertentu untuk mendapatkan point.

Simple bukan? namun tidak pada saat di lapangan. Permainan berjalan kurang lebih selama 5 jam. Ketahanan fisik dan mental diuji disini, playbox yang digunakan tidak kecil menjadi alasan utama kenapa event ini sangatlah menguras tenaga.

Gak tau luasnya kisaran berapa, yang pasti benar-benar luas  ini

Susah payah selama 5 jam terbalas dengan kemenangan yang diraih oleh Resistance dengan score yang boleh dibilang jauh. Namun sayangnya secara global Resistance kalah. Tapi bagaimanapun juga Resistance yang berjuang di Surabaya adalah Resistance terkuat.

Terimakasih buat semuanya yang sudah ikut meramaikan Surabaya dan membirukan surabaya. Viva la Resistance!
Banyak sekali yang ingin diceritakan lewat tulisan ini, tapi bingung harus mulai darimana, mungkin ada postingan tentang Via Noir lainnya. Postingan sekali duduknya sampai disini dulu 🙂

Ditulis oleh agent @dedemidi a.k.a Rif’at Hamid

Original source: https://dedemidi.blogspot.com/2016/11/ingress-anomaly-via-noir.html

Reshare IIR to the world!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.